Peningkatan Kapasitas Produksi Usaha Wedang Uwuh Wonokromo Pleret Bantul Yogyakarta

Riani Nurdin

Abstract

Keberadaan usaha makanan dan miuman tradisional merupakan salah satu usaha masyarakat Bantul dalam memanfaatkan sumber daya alam wilayah. Hal ini sejalan dengan salah satu Quick Wins Pemerintah Kabupaten Bantul yaitu pengembangan produk andalan setempat dengan tujuan utama untuk meningkatkan pendapatan daerah sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Bantul. Untuk menunjang program Pemerintah Kabupaten Bantul tersebut perlu ditingkatkan kapasitas dan kualitas produksi sehingga dapat meningkatkan pemasaran dan penjualan produk minuman wedang uwuh. Salah satu faktor usaha untuk peningkatan kapasitas produksi dapat dilakukan dengan membenahi perencanaan produksi yang tepat. Didalam usaha meningkatkan kapasitas produksi dan kualitas produk pada pengabdian ini dilakukan 2 (dua) kegiatan Pengabdian Masyarakat pada UKM Weeka Wedang Uwuh di Desa Wonokromo, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, pertama adalah pembelian alat berupa impulse sealer, keranjang, loyang pengering, timbangan digital dan toples penyimpan, pembelian alat-alt tersebut mengakibatkan peningkatan  kemampuan pengemasan sebesar 67%, peningkatan kemampuan WIP inventory sebesar 70%, peningkatan kemampuan pengeringan jahe sebesar 200%, peningkatan  kemampuan pengemasan gula batu sebesar 33%, dan peningkatan kemampuan penyimpanan jahe kering dan rempah kering lainnya sebesar 100%. Kedua adalah pelatihan perencanaan produksi yang bertujuan meningkatkan pemahaman tentang pentingnya perencanaan produksi untuk meningkatkan kapasitas produksi dan pemenuhan permintaan yang tepat waktu.

Keywords

Wedang Uwuh, Kapasitas Produksi, Kualitas Produk, Perencanaan Produksi

References

Pemerintah Kabupaten Bantul, https://www.bantulkab.go.id/, diakses pada tanggal 5 Juni 2017

Assauri, S. (2018). Manajemen produksi dan operasi. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Bantul Gencar Promosikan Minuman Khas 'Wedang Uwuh', http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/kuliner/14/07/31/n9kmc1-bantul-gencar-promosikan-minuman-khas-wedang-uwuh, diakses pada tanggal 16 Juni 2017

Ruauw, E. (2011). Pengendalian Persediaan Bahan Baku (Contoh Pengendalian pada usaha Grenda Bakery Lianli, Manado). ASE–Volume 7 Nomor 1, Januari 2011: 1-11.

Indrayati, R. (2007). Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku dengan Metode EOQ (Economic Order Quantity) Pada PT. Tipota Furnishings Jepara (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Article Metrics

Abstract view: 70 times
Download     : 52   times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.