Penerapan Teknologi Pengolahan Sampah Plastik menjadi Bahan Bakar Minyak untuk Mengatasi Masalah Sampah di Kota Bandung

Ucik Ika Fenti Styana, Fifin Hindarti, M. Noviansyah Ardito, Muhammad Sigit Cahyono

Abstract

Salah satu permasalahan yang cukup berat di Kota Bandung adalah sampah plastik seperti di Kelurahan Pajajaran, Kecamatan Cicendo. Sampah tersebut sebagian besar belum dikelola dengan baik sehingga menimbulkan kerusakan lingkungan. Salah satu yang sulit diatasi adalah sampah plastik nonrecycleable seperti label kemasan botol air mineral, pembungkus makanan ringan, styrofoam dan lain-lain. Sampah-sampah ini kurang ekonomis untuk didaur ulang sehingga dibuang begitu saja ke Tempat Pembuangan Akhir atau dibakar di pekarangan. Di sisi lain, ada jenis sampah plastik yang mudah didaur ulang tapi nilainya kecil jika dijual tanpa dicacah terlebih dahulu, seperti yang dilakukan di bank sampah Astana Eyang. Permasalahan ini bisa diatasi dengan teknologi pirolisis untuk mengolah sampah plastik nonrecycleable menjadi minyak sintetis, yang bisa digunakan sebagai bahan bakar mesin pencacah plastik recycleable. Tujuan program ini adalah membantu masyarakat mengelola sampah menjadi produk yang bernilai tinggi dan menghasilkan manfaat yang besar bagi mereka. Metode pelaksanaan diawali dengan survei ke lokasi bersamaan dengan pembuatan alat di bengkel. Setelah itu dilakukan kegiatan sosialisasi dan diakhiri dengan serah terima dan pelatihan terhadap operatordan warga masyarakat sekitar. Adanya program ini diharapkan mampu mengatasi masalah sampah dan meningkatkan pendapatan warga, serta bisa mendorong penerapan teknologi yang sama di lokasi lain di Indonesia.

Keywords

bahan bakar minyak, mesin pencacah, pirolisis, sampah plastik

References

Cahyono, M.S., & Styana, U.,I., F., 2018, Studi Karakteristik Pembakaran Minyak Pirolisis Plastik Menggunakan Steam-Atomizing Burner, Jurnal Teknologi Technoscientia, Vol. 10 No. 2, Februari 2018.

Liestiono R.P., Cahyono M.S., Widura W.W., Prasetya Agus, dan Syamsiro, M., 2017, Karakteristik Minyak dan Gas Hasil Proses Dekomposisi Termal Plastik Jenis Low Density Polyethylene (LDPE), Jurnal OFFSHORE, Vol. 1, No. 2, Desember 2017, hal. 1-9.

Mandala, W. W., Cahyono, M.S., Ma’arif, S., Sukarjo, H.B., dan Wardoyo, 2016, Pengaruh Suhu terhadap Rendemen dan Nilai Kalor Minyak Hasil Pirolisis Sampah Plastik, Jurnal Mekanika dan Sistem Termal, Vol. 1, No. 2, Agustus 2016, hal. 49-52.

Murdieono, A., 2017, Kinerja Mesin Diesel dengan Bahan Bakar Minyak Hasil Pirolisis Sampah Plastik, Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakulltas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pratiwi, D., 2017, Proses Pirolisis dan Karakteristik Produk Pirolisis Sampah Plastik Polyethylene (PE) dan Polypropylene (PP) Berlapis Aluminium dengan Katalis Zeolit Alam Gunungkidul, Tesis Magister Teknik Sistem, Universitas Gadjah Mada.

Salamah, S. & Maryudi, 2018, Proses Pirolisis Limbah Styrofoam Menggunakan Katalis Silika-Alumina, Jurnal Rekayasa Kimia dan Lingkungan Vol. 13, No.1, Juni 2018, hal. 1–7.

Article Metrics

Abstract view: 413 times
Download     : 153   times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.