Pelatihan Mendesain Artikel Artistik Menggunakan Microsoft Word Bagi Kelas 5 SD di SDIT Salsabila Al Muthi’in Yogyakarta

Astika Ayuningtyas, Nurcahyani Dewi Retnowati, Asih Pujiastuti, Yuliani Indrianingsih, Anton Setiawan Honggowibowo

Abstract

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada jaman sekarang sangat dibutuhkan oleh setiap masyarakat baik itu orang dewasa maupun anak-anak. Khususnya pada anak-anak, sangat dibutuhkan pelatihan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi agar nantinya anak-anak dapat memanfaatkannya dengan baik. Salah satunya adalah dengan melatih kemampuan mendesain artikel artistik dengan memanfaatkan aplikasi pengolah kata yaitu Microsoft Word. Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata yang sangat populer pada saat ini,dengan aplikasi tersebut dapat memudahkan kerja manusia, salah satunya dalam membuat artikel. Kegiatan pengabdian pada masyarakat dititik beratkan dalam bentuk pelatihan tentang cara mendesain artikel artistik menggunakan software Ms.Word bagi siswa-siswi kelas 5 di SDIT Salsabila Al Muthi’in Yogyakarta. Diharapkan dengan adanya pelatihan tersebut, siswa-siswi dapat lebih mengetahui tentang teknik mendesain yang artistik dengan memanfaatkan Microsoft Word dan penggunaannya sehingga dapat membantu saat pengerjaan tugas sekolah maupun meningkatkan kreativitas. Hasil dari kegiatan pengabdian yang dilaksanakan memberikan pengalaman dan ketrampilan pada para siswa di SDIT Salsabilla Al-Muthi’in dalam mendesain artikel yang artistik dengan memanfaatkan Microsoft Word. Dengan demikian, pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan judul “Pelatihan Mendesain Artikel Artistik Menggunakan Microsoft Word Bagi Kelas 5 SD di SDIT Salsabila Al Muthi’in Yogyakarta” memberikan manfaat yang signifikan bagi peningkatan keterampilan siswa siswi dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komputer, khususnya untuk membuat artikel artistik.

Keywords

Artistik, Artikel, Microsoft Word, Kreativitas

References

Ayuningtyas, A., Honggowibowo, A. S., Pujiastuti, A., Retnowati, N. D., & Indrianingsih, Y. (2018). Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Bagi Guru Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Salsabila Al Muthi'in Berbasis Multimedia dengan Menggunakan Microsoft Power Point. KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(1), 1-6.

Nugraheny, D., Wintolo, H., & Kusumaningrum, A. (2018). Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Menggunakan Macromedia Flash Bagi Para Guru SD IT Salsabila Al Muthi’in, Yogyakarta. KACANEGARA, 1(1), 23-28.

Jarot, S., Shenia, A., & Sudarma, S. (2012). Buku Pintar Microsoft Office 2007 & 2010: Word-Excel-PowerPoint. MediaKita.

https://www.slideshare.net/artnugraha/aspek-artistik-dalam-artikel-ilmiah

http://blogamka.blogspot.com/2011/10/membuat-tulisan-artistik-pada-word-2010.html

Article Metrics

Abstract view: 120 times
Download     : 83   times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.