Pelatihan Microsoft Office Sebagai Upaya Pengembangan dan Peningkatan Kemampuan Penggunaan Aplikasi Pengolah Kata Dan Angka Bagi Guru PAUD Al Muthi’in Yogyakarta

Rianto Rianto, Ari Kusuma Wardana

Abstract

Teknologi berkembang begitu pesat khusunya perkembangan software saat ini, hal ini akan menjadikan seseorang menjadi tertinggal apabila tidak dapat memanfaatkannya. Salah satunya adalah Microsoft Office, software ini berkembang seiring dengan kebutuhan teknologi dalam membantu menyelesaikan pekerjaan khusunya yang di hadapi di dalam pekerjaan sehari-hari. Salah satu bagian dari Microsoft Office adalah Microsoft Word dan Excel yang digunakan untuk pengelolaan kata dan angka. Aplikasi tersebut sangat membatu dalam menyelesaikan permasalahan untuk pengolahan yang berhubungan dengan kata yaitu surat-surat serta angka untuk pembuatan pelaporan keuangan. Dalam dunia kerja, aplikasi tersebut mempunyai peranan yang penting di dalam mendukung menyelesaikan pekerjaan. Dengan memanfaatkan aplikasi tersebut pekerjaan yang berhubungan dapat dengan cepat diselesaikan. Tetapi dengan kelebihan aplikasi terebut, tidak semua orang dapat mengoperasikannya khususnya Guru PAUD Al-Muthi’in Yogyakarta, perlu adanya keterampilan dan kemampuan untuk mengopersikannya. Untuk itu perlu adanya pelatihan khusus agar dapat mengoperasikan aplikasi tersebut. Dengan adanya pelatihan tersebut diharapkan Guru PAUD Al-Muthi’in Yogyakarta dapat mengoperasikan aplikasi Microsoft Excel yang merupakan aplikasi pengolahan angka untuk menyelesaikan permasalahan laporan keuangan. Sehingga dengan kemampuan yang dimiliki oleh Guru PAUD Al-Muthi’in Yogyakarta dapat membantu menyelesaikan pekerjaan dengan lebih mudah dan cepat.

Keywords

office, word, excel, paud, teknologi

Full Text:

PDF

References

Sarwono, Jonathan. 2006. Strategi Penelitian di Internet. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Suyanto & Jihad, A. (2015). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Surabaya: Erlangga.

Usman, M.U. (1995). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter? . Jurnal Pendidikan Karakter, 1. 47-58. Doi: http://dx.doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316.

Fahdini, R.. Mulyadi, E., Suhandani, D., & Julia, J. (2014). Identifikasi Kompetensi Guru sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Kabupaten Sumedang. Mimbar Sekolah Dasar, 1 (1),33-42.

Mulyasa, E. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Cetakan Ke-3. Bandung: Remaja Rosdakarya

Perry, R. (2002).Teaching Practice: A Guide for Early Childhood Students. London: Routledge.

Nugraheny, D., Wintolo, H., Kusumaningrum, A., Sudaryanto, S., & Sajati, H. (2019). Pendampingan Pengenalan Metode Pengetikan Cepat Menggunakan Microsoft Word Bagi Siswa Kelas 5 SD IT Salsabila Al Muthi’in Yogyakarta. KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(1), 21-28.

LPPM, 2018, Pedoman Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas PGRI Yogyakarta, Universitas PGRI Yogyakarta, Yogyakarta.

Ayuningtyas, A., Honggowibowo, A. S., Pujiastuti, A., Retnowati, N. D., & Indrianingsih, Y. (2018). Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Bagi Guru Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Salsabila Al Muthi'in Berbasis Multimedia dengan Menggunakan Microsoft Power Point. KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(1), 1-6.

Suryana, T., & Koesheryatin, (2014). Mengenal Microsoft Office 2013 (Indonesian Edition) (Indonesian).

Rahayu, R. G. (2007). Working with Microsoft Excel 2007.

Article Metrics

Abstract view: 256 times
Download     : 124   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.