Pendampingan Pengembangan Kemampuan Story Telling Guru Kelompok Bermain Dan Taman Penitipan Anak Aviciena

Dewanti Ratna Pertiwi

Submitted : 2019-06-22, Published : 2019-06-27.

Abstract

Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan pendidikan tahap awal di mana anak mulai dikenalkan dengan beberapa bahasa selain bahasa ibu misalnya bahasa nasional dan bahasa asing. Salah satu bahasa asing yang bisa mulai dikenalkan adalah bahasa Inggris. Pengenalan bahasa Inggris bisa dikemas dengan berbagai cara misalnya bernyanyi, membaca, dan story telling. Story telling diyakini mampu memberi pesan moral, mengenalkan budaya, mengenalkan kosa kata, dan merangsang imajinasi dan kreativitas anak. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di kelompok bermain dan taman penitipan anak Aviciena. Program sekolah untuk mengembangkan fun reading dianggap selaras dengan kegiatan pengembangan kemampuan story telling guru. Pendampingan ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan story telling guru sehingga guru mampu membawakan cerita tidak hanya dalam bahasa Indonesia tetapi juga bahasa Inggris. Selain itu, beberapa fasilitas peraga story telling akan diberikan pada lembaga ini untuk mendukung kelancaran kegiatan story telling

Keywords

paud, story telling

References

Garvie, E. (1990). Story As Vehicle : Teaching English to Young ChildrenMultilingual Matters. Philadelphia: Multilingual Matters Ltd.

Linse, C. T. (2005). Practical English Language Teaching: Young Learners. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Pertiwi, D. R. (2019). Pengenalan Komponen Otomotif dalam Bahasa Inggris bagi Pemuda Daerah Wonokromo II. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Teknologi, Kacanegara. Volume 2, No. 1, 2019.

Rich, S. (2014). International Perspectives on Teaching English to Young Learners. New York: Palgrave MacMillan.

Article Metrics

Abstract view: 397 times
Download     : 308   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.