Pendampingan Ibu-Ibu PKK RT 04 Wonokromo I Pleret Bantul dalam Melakukan Perencanaan dan Implementasi Bisnis, Proses Produksi, dan Pengembangan Produk Usaha Rintisan Wono Batik Jumputan

Yasrin Zabidi

Abstract

Usaha Wono Batik Jumputan pada dasarnya merupakan usaha rintisan ibu-ibu PKK Wonokromo I berbasis rumahan yang masih kebingungan dalam menjalankan usaha dengan baik, khususnya kurangnya pengetahuan dalam  perencanan bisnis batik (aspek pasar meliputi konsumen, pasar, pesaing, aspek teknik meliputi perencanaan bahan baku utama dan pendukung, alat, sumber daya manusia), implementasi bisnis (cara memasarkan produk), pengelolaan keuangan, pengembangan/inovasi produk, sehingga berdampak tidak optimalnya usaha yang dijalankan. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan, keterampilan sumber daya manusia dalam menjalankan suatu usaha/bisnis. Selain itu usaha rintisan ini  relatif masih lambat untuk berkembang karena faktor modal usaha yang sangat terbatas. Solusi untuk mengatasi permasalahan  kurangnya pengetahuan, keterampilan sumber daya manusia dalam menjalankan suatu usaha/bisnis adalah dengan memberikan pendampingan bimbingan usaha. Oleh karena itu dalam kegiatan Pengabdian pada Masyarakat T.A. 2018/2019 ini, pengusul melakukan kegiatan pendampingan untuk membina dan membimbing ibu-ibu PKK di RT 04, Wonokromo I, Wonokromo, Pleret, Bantul dalam melakukan perencanaan bisnis batik (aspek pasar meliputi konsumen, pasar, pesaing, aspek teknik meliputi perencanaan bahan baku utama dan pendukung, alat, sumber daya manusia), implementasi bisnis batik (cara dan media promosi, cara memasarkan produk batik, analisis SWOT, analisis kinerja), mampu melakukan proses pembuatan batik jumputan, membuat laporan keuangan yang sederhana serta mampu memunculkan ide-ide motif batik jumputan agar usaha rintisan ini berkembang dengan baik dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Keywords

Bisnis,Batik, Jumputan

References

Mauidzoh, U. (2018, November). Performance Measurement of Customer Relationship Management Using Scorecard CRM (Case Study of UKM in Bayat Klaten District). In Conference SENATIK STT Adisutjipto Yogyakarta (Vol. 4, pp. 287-294).

Nitisusastro, M. (2010), Kewirausahaan dan manajemen usaha kecil, Alfabeta

Ramaswamy, R. (1996), Design and management of service processes : keeping customers for life, Addison-Wesley

Rangkuti, F. (2000), Business Plan : Teknik Membuat Perencanaan Bisnis dan Analisis Kasus, Gramedia Pustaka Utama

Rangkuti, F. (2000), Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis: reorientasi konsep perencanaan strategis untuk menghadapi abad 21, Gramedia Pustaka Utama

Zabidi, Y. (2018, November), Design of Batik Crafts Industrial Performance Measurement Model in Wukirsari Region Bantul, In Conference SENATIK STT Adisutjipto Yogyakarta (Vol. 4, pp. 277-286)

Article Metrics

Abstract view: 99 times
Download     : 34   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.