Usaha Peningkatan Ekonomi pada Industri Rumah Tangga Paras Putra Jaya Melalui Bantuan Program Kemitraan Masyarakat

I Putu Ramayasa, I Gusti Agung Vony Purnama

Abstract

Wilayah kecamatan Pupuan kabupaten Tabanan-Bali yang berada di dataran tinggi di kaki gunung Batukaru menjadikannya tempat yang ideal untuk mengembangkan perkebunan kopi. Mitra yang digandeng untuk PKM ini yaitu Industri Rumah Tangga (IRT) “Paras Putra Jaya” yang beralamat di desa Padangan. Produksi kopi Robusta bubuk yang diberi brand “Dua Cangkir” ini telah dijalankan sejak tahun 2002. Beberapa permasalahan utama yang dihadapi oleh mitra saat proses produksi diantaranya penjualan yang menurun karena terlalu banyak adanya pesaing, mesin-mesin yang digunakan masih manual serta kemasan yang masih sederhana. Kemudian pada manajemen pemasaran, diperlukan riset pasar untuk mengetahui segmen pasar dan minat konsumen, serta diperlukan promosi tambahan baik secara offline maupun online. Solusi yang disepakati bersama antara tim PKM dan mitra adalah, pada bagian produksi, menambahkan varian baru yakni kopi rasa coklat yang khas dengan mencampurkan biji kakao kering hasil perkebunan masyarakat sekitar, pengadaan mesin, serta pembuatan kemasan baru dengan tampilan yang menarik dan modern.  Sedangkan untuk meningkatkan kualitas manajemen usaha, maka solusinya adalah dengan melakukan riset pasar, memberikan pelatihan dan mendampingi mitra dalam pembuatan iklan pada media online serta memberikan sebuah aplikasi penjualan dan website usaha kepada IRT “Paras Putra Jaya”.

Keywords

kopi bubuk, Robusta, Pupuan

References

Tribunnews, “Konsumsi Kopi Indonesia Naik 7 Persen Setahun”, http://www.tribunnews.com/regional/2018/03/22/konsumsi-kopi-indonesia-naik-7-persen-setahun, terakhir di akses pada tanggal 23 Agustus 2018, pukul 05:44WITA

Wikipedia, “Produksi Kopi di Indonesia”, https://id.wikipedia.org/wiki/Produksi_kopi_di_Indonesia, terakhir di akses pada tanggal 23 Agustus 2018, pukul 05:48 WITA.

Balipost, “7700 Hektar Tanaman Kopi di Pupuan Perlu Peremajaan”, http://www.balipost.com/news/2018/02/19/38029/7700-Hektar-Tanaman-Kopi-di...html, terakhir di akses pada tanggal 23 Agustus 2018, pukul 06:00 WITA.

Budhi, S., Kembar, M., & Windasari, N. P. E. (2013). Analisis Pengaruh Tumpangsari terhadap Pendapatan Petani di Desa Munduktemu Kabupaten Tabanan. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 2(5).

Article Metrics

Abstract view: 103 times
Download     : 46   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.