Pelatihan dan Konseling dalam Peningkatan Sikap Tanggap dan Mitigasi Bencana Melalui Video Tutorial dan Simulasi di SD Negeri 2 Gledeg Karanganom Klaten

Yanuar Bagas Arwansyah, Herwinda Putri Daniswari

Abstract

Secara geografis Kabupaten Klaten berada di kaki Gunung Merapi dan pesisir selatan Pulau Jawa. Dilihat dari sisi potensi bencana alam, maka di seluruh wilayah Kabupaten Klaten memiliki potensi terjadinya bencana gempa tektonik dan gempa vulkanik. Melihat potensi bencana di Kabupaten Klaten, maka adanya pelatihan dan konseling dalam meningkatkan sikap tanggap dan mitigasi bencana menjadi hal yang sangat vital untuk dilakukan. Pelatihan dan konseling dilakukan di SD Negeri 2 Gledeg yang berada di daerah potensial III. Sekolah ini dipilih karena berada di antara daerah potensial gempa tektonik dan daerah gempa vulkanik Merapi. Persoalan yang dihadapi mitra adalah belum pernah diadakannya pelatihan dan konseling sikap tanggap dan mitigasi bencana. Kegiatan pengabdian yang dilakukan yaitu pelatihan tanggap bencana yang diawali dengan sosialisasi jenis bencana, potensi kebencanaan pada wilayah mitra, pelatihan melalui video tanggap bencana, dan simulasi tanggap bencana, pelatihan pertolongan pertama gawat darurat (PPGD). Selain itu, dilakukan konseling untuk memberikan persiapan sebelum terjadinya bencana dan pasca terjadinya bencana. Melalui kegiatan PKM ini dapat meningkatkan pemahaman mitra terkait tentang sikap tanggap dan mitigasi bencana serta konseling pada korban bencana. Selain itu, juga meningkatkan pemahaman mitra dalam hal pertolongan pertama sehingga  terwujudnya masyarakat yang tanggap dan siap siaga dalam menghadapi potensi bencana alam di wilayahnya.

Keywords

sikap tanggap, mitigasi, konseling, simulasi, video tutorial

References

LIPI. 2018. Pulau Jawa Bakal Diguncang Gempa Hebat, Ini Penjelasan Pakar PVMBG dalam daerah.sindonews.com diakses pada 8 Oktober 2018 pukul 21.33 WIB.

Soemantri, H. 2012. Strategi Pengarasutamaan Pengurangan Resiko Bencana Di Sekolah. Makalah disajikan dalam Rapat Kooordinasi Tim Pengembangan Kurikulum Propinsi dan Kabupaten/Kota Se Indonesia, Tanggal 23-26 Juli di Hotel Mercure Ancol. Jakarta.

Yani, Ahmad. 2010. Pengembangan Pusat Pelatihan dan Simulasi Kejadian Bencana Alam untuk Pendidikan Kebencanaan Nasional. Jurnal Geografi GEA. Vol 10, No. 1. Permendagri No 33 tahun 2006

Nirwana, Herman. 2012. Konseling Trauma Paasca Bencana. E-Campus IAIN Batusangkar

Article Metrics

Abstract view: 99 times
Download     : 48   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.