PELATIHAN JURNALISME WARGA SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN BAKAT REMAJA DALAM DUNIA DIGITAL SERTA PROMOSI PARIWISATA DESA SAMIRAN KECAMATAN SELO KABUPATEN BOYOLALI

Muhammad Muttaqien, Linda Kusumastuti Wardana

Abstract

Konsep pariwisata berkelanjutan mulai banyak digunakan guna mendukung perkembangan perekonomian di daerah yang memiliki potensi wisata, salah satunya dengan cara menawarkan pemandangan yang indah, yang nantinya juga akan mendatangkan perekonomian untuk masyarakat di sekitar. Desa Samiran berada di Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah merupakan salah satu desa yang memiliki potensi pariwisata yang selain menawarkan keindahan panorama alam juga memiliki potensi lain seperti pertanian, homestay dan kesenian. Namun permasalahannya adalah kurangnya pemanfaatan potensi warga sebagai sumber untuk menciptakan materi promosi yang murah dan mudah. Oleh karena itu, pengabdian ini bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada masyarakat khususnya remaja untuk bersama-sama memanfaatkan kekuatan media elektronik sebagai sarana promosi. Kegiatan yang dilakukan adalah pelatihan dan pendampingan pembuatan konten video jurnalisme warga. Pada pengabdian ini akan mengajak masyarakat Desa Samiran untuk belajar menjadi jurnalis warga, yang nantinya akan digunakan sebagai media promosi yang bisa dipublish di media social, baik Instagram, youtube, facebook dan lainnya. Metode yang digunakan melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

 

 

Keywords

citizen jurnalism, internet, Samiran, tourism

References

Pendit, Nyoman S. (2003). Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta: Pradnya Paramita, 20.

Wikipedia, “Pariwisata berkelanjutan”, https://id.wikipedia.org/wiki/Pariwisata_berkelanjutan#cite_note-1, diakses pada 28 mei 2020, pukul 13.27 WIB

Romli, A. S. (2012). Jurnalistik Online. Bandung: Nuansa Cendikia, 11.

Abdilah Fitra dan Leksmono, S Maharani (2001).Pengembangan Kepariwisataan berkelanjutan. Jurnal Ilmu Pariwisata 6 (l), 87.

Adi, Isbandi rukminto. (2007). Intervensi Komunitas Pengembangan Masyarakat Sebagai Upaya Pemberdayaan masyarakat.Jakarta : PT Rajagrafindo Persada, 27.

Nofriya. (2016). Peran Masyarakat dalam Mewujudkan Pariwisata Hijau di Sumatera Barat. Padang. Jurnal Seminar Nasional Sains dan Teknologi Lingkungan II, 62.

Nurudin. (2009). Jurnalisme Masa Kini. Jakarta : Rajawali Press, 215.

Nurul, Hasfi. (2009) Studi Kasus tentang Perkembangan Citizen Journalism di Indonesia. Project Report. DIPA Fisip http://eprints.undip.ac.id/33925/, di akses tanggal 28 mei 2020, pukul 22.00 WIB

Zuhri, Nizwan, Dwi Haryadi dan Jamilah Cholilah. (2015). Brandingisasi Pariwisata, Yogyakarta: Istana Media, 7-8.

Nugraha, Pepih. (2012) Citizen Journalism Pandangan, Pemahaman, dan Pengalaman. Jakarta : PT. Kompas Media Nusantara, 75.

Article Metrics

Abstract view: 39 times
Download     : 8   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.