IMPLEMENTASI SISTEM UJIAN BERBASIS KOMPUTER DI SMP NEGERI 1 SUNGAILIAT

Riki Afriansyah, Muhammad Setya Pratama

Abstract

Implementasi sistem ujian berbasis komputer ini bertujuan untuk membantu SMP Negeri 1 sungailiat dalam mengelola sistem ujian agar lebih efektif dan efisien. Pelaksaanaan sistem ujian ini dapat diakses secara bersamaan menggunakan komputer di laboratorium komputer sekolah maupun secara individu dengan menggunakan komputer atau ponsel yang terhubung dengan jaringan internet oleh siswa. SMP Negeri 1 Sungailiat masih menggunakan ujian secara konvensional sehingga hal ini tidak efektif dan efisien dari sisi biaya dan waktu. Dari sisi biaya, pihak sekolah harus mencetak soal ujian dan lembar jawaban. Dari sisi waktu, guru harus mengoreksi jawaban. Manfaat lainnya keterampilan guru meningkat dalam hal pembuatan soal berbasis teknologi. Hasil ujian secara langsung dapat dilihat oleh siswa dan pihak sekolah pada saat ujian telah selesai dikerjakan oleh siswa. Program pengabadian ini memberikan manfaat bagi sekolah dalam menilai pengetahuan siswa terhadap materi pelajaran yang telah diberikan melalui sistem ujian online apalagi di masa pandemi virus corona (COVID-19) saat ini. Penerapan metode autentifikasi sangat diperlukan pada sistem ujian berbasis komputer agar lebih aman dalam pengaksesan sistem.

Keywords

sistem ujian berbasis komputer; peningkatan keterampilan guru; teknologi

References

Kamil, H., & Pramulia, F. (2019). Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Ujian pada Jurusan Sistem Informasi Universitas Andalas. Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, 5(3), 158-167.

Mustamiin, M., Ismantohadi, E., Ghozali, A. L., Darsih, D., & Inara, L. N. (2020). RANCANG BANGUN SISTEM MANAJEMEN SOAL DAN UJIAN BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL. IKRA-ITH INFORMATIKA: Jurnal Komputer dan Informatika, 4(1), 58-63.

Susilowati, S., & Hidayat, T. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Ujian Online (Studi Kasus Pada SMAN 58 Jakarta). Jurnal Teknik Komputer, 4(1), 30-36.

Utami, R. D. (2019). Aplikasi Computer-Based Test Ujian pada SMP Negeri 6 Cimahi. Jurnal Teknologi dan Informasi, 9(2), 151-160.

Indra, E., Sitanggang, A. L., & Loi, M. H. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Sistem Ujian Saringan Masuk Sma Berbasis Android (Studi Kasus SMA Amir Hamzah Medan). Jurnal Sistem Informasi dan Ilmu Komputer Prima (JUSIKOM PRIMA), 2(2), 8-16.

Krispriana, A., Kumaladewi, N., & Rahajeng, E. (2016). Sistem Informasi Computer Assisted Test (Cat) Kementerian Agama Republik Indonesia. STUDIA INFORMATIKA: JURNAL SISTEM INFORMASI, 9(2).

Firmasnysah, Ada Udi. (2018). Aplikasi Simulasi Uji Coba (Tryout) Ujian Nasional Berbasis Komputer. Senar STMIK Royal, 1(1), 111-114.

Santi, Mirna, & Prajana, Andika. (2018). Analisis Implementasi Ujian Nasional Berbasis Komputer dengan Ujian Berbasis Kertas Di SMP Negeri 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 84-91.

Setiawan, T. (2019). Sistem Informasi Ujian Mandiri dan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) AMIK Garut Berbasis Intranet. Infoman's: Jurnal Ilmu-ilmu Manajemen dan Informatika, 13(2).

Prasetya, W. S. (2019, December). Pemanfaatan Sistem Ujian Online pada SMP Kristen Maranatha Pontianak. In SNPMas: Seminar Nasional Pengabdian pada Masyarakat (pp. 455-461).

Amin, M., & Ramadhani, B. (2018). Implementasi Sistem Aplikasi Soal Ujian Online untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP). SEMINASTIKA, 1(1), 91-94.

Firdaus, R., Kurniawan, D., & Simamora, E. C. (2017, March). IMPLEMENTASI METODE AUTENTIKASI ONE TIME PASSWORD (OTPA) BERBASIS MOBILE TOKEN PADA APLIKASI UJIAN ONLINE. In Prosiding Seminar Nasional Sains, MIPA, Informatika dan Aplikasi (ISBN: 978-602-98559-1-3) (Vol. 3, No. 3).

Article Metrics

Abstract view: 161 times
Download     : 18   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.