Analisis Perbedaan Genre Game Pada Google Playstore Menggunakan Parameter Tracy Fullerton

Dhimas Adi Satria

Submitted : 2018-04-27, Published : 2018-05-23.

Abstract

Game merupakan salah satu hiburan yang diminati banyak orang. Tidak melihat umur ataupun profesinya, siapa saja senang untuk bermain game. Perkembangan Android menjadi sebuah sistem operasi telepon pintar yang paling banyak digunakan di  dunia. Pertumbuhan jumlah game yang disediakan pada Google Playstore sebagian besar tergolong sebagai game gratis yang bisa diunduh oleh siapa saja. Penelitian ini bertujuan melakukan evaluasi terhadap struktur desain game yang dibuat oleh Tracy Fullerton, dengan mengembangkan variable yang diuji pada setiap genre game yang ada pada Google Playstore. Diharapakan setiap genre memiliki karakteristik dan kelemahan sebagai patokan data bagi para developer dan desainer game untuk menciptakan game yang lebih variatif.

Keywords

Android, Desain, Game, Tracy Fullerton, Google

References

Adam, Ernest. 2010. Fundamentals of Game Design Second Edition. Berkeley: New Riders Games

Arifianto, Teguh. 2011. Membuat Interface Aplikasi Android Lebih Keren dengan LWUIT. Yogyakarta: Andi Publisher

Dawes, John 2008, "Do Data Characteristics Change According to the number of scale points used? An experiment using 5-point, 7-point and 10-point scales," International Journal of Market Research, 50 (1), 61-77.

Dillon, Teresa 2005. Advanture Games for Learning and Storytelling. UK, Futurelab Prototype Context Paper, Adventure Author

Fullerton, T. 2014. Game Design Workshop: A Playcentric Approach to Creating Innovative Games (Third ed.). Florida: CRC Press

Koster, R.2005. Theory of Fun for Game Design. California: O’Reilly Media

Likert, Rensis.1932. "A Technique for the Measurement of Attitudes", Archives of Psychology 140: 1–55

Rouse, R. 2005.Game Design: Theory & Practice. Texas: Wordware Publisihing

Schell, J.2008. Art Of Game Design, ISBN:978-a-12-36949-6:Elsevier Inc.

Statista.2018. Global Reach Popular Android Game Genres. (akses 6-3-2018)

Sugiyono.2015.Metode Penelitian Manajemen, Alfabeta, Bandung.

Tondello, F. Gustavo., Lennart E. Nacke.2017. Applying Gameful Design Heuristics. ACM 978-1-4503-4656-6/17/05.

Article Metrics

Abstract view: 792 times
Download     : 1446   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.