PENGARUH KUALITAS SISTEM TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA SISTEM KRS ON-LINE UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA DENGAN KUALITAS INFORMASI DAN KEGUNAAN SEBAGAI MEDIATING VARIABEL

Ruhamah Uma Uma

Abstract

Sistem Informasi KRS On-line Universitas AMIKOM Yogyakarta merupakan sistem informasi akademis penunjang operasional layanan kemahasiswaan khususnya yang berhubungan dengan KRS, KHS dan transkip nilai mahasiswa.

Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis hasil kuesioner dari 100 responden dan instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan skala likert 5. Metode analisis data yang digunakan Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan software Amos 21.

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasaan mahasiswa sebagai pengguna sistem informasi KRS On-line dengan mengkaji faktor kualitas sistem, kualitas informasi, kegunaan yang dirasakan dan kepuasan mahasiswa, serta menggunakan variabel kualitas informasi dan kegunaan yang dirasakan sebagai variabel mediasi atau mediating variabel.

Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas sistem tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasaan pengguna dengan nilai p = 0.659. sementara kualitas sistem memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas informasi dengan nilai p = 0.00. Kualitas Informasi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kegunaan yang Dirasakan dengan nilai p = 0.11. Selanjutnya,  kualitas sistem tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kegunaan yang dirasakan dengan nilai p=0.16 tetapi memberikan pengaruhnya melalui kualitas informasi dengan pengaruh totalnya sebesar 0.703. Kualitas informasi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasaan pengguna dengan p=0.393 tetapi memberikan pengaruhnya melalui kegunaan yang dirasakan dengan pengaruh totalnya sebesar 0.383.

 

Kata kunci: sistem informasi, KRS On-line, mediating variabel

References

Aswar, S., 2006, Validasi dan Reabilitasi Instrumen, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Thomas Pramuji Singgih Riyanto, 2018, Analisis Kesuksesan Sistem Informasi KRS On-Line Universitas Amikom, Yogyakarta, Jurnal Teknologi Respati, Vol 13, No. 1, Maret 2018.

Santoso, Singgih., 2015, Amos 22 untuk Structural Equation Modelling, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Sitinjak, Tumpal, JR., Sugiarto., 2006, LISREL, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Davis, F. D., 1989, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340.

Kassim, E. S., Jailani, S., Hairuddin, H., & Zamzuri, N. H., 2012, Information System Acceptance and User Satisfaction: The Mediating Role of Trust, Procedia - Social and Behavioral Sciences, 57, 412–418. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.1205.

Montesdioca, G. P. Z. dan Macada, A. C. G., 2015, Quality Dimensions of the Delone-McLean Model to Measure User Satisfaction: an Empirical Test on the Information Security Context, Hawaii International Conference on System Sciences ke-48.

Palvia, P. C. 1996. A Model and Instrument For Measuring Small Business User Satisfaction With Information Technology. Information and Management, 31(3), 151–163.

Yuliana, K., 2016, Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone dan McLean untuk Evaluasi Sistem Informasi Pos pada PT. Pos Indonesia (Persero) Divisi Regional VI Semarang, Jurnal INFOKAM, No. II Th. XII, hlm. 13-23.

Wixom, B. H., & Todd, P. A., 2005, A Theoretical Integration Of User Satisfaction And Technology Acceptance. Information Systems Research, 16(1), 85–102.

DeLone W. H., McLean, E. R., 1992, Information Systems Succes: The Quest for the Dependent Variabel, Information Systems Res Vol 3, pp 60-95 Mar.

Article Metrics

Abstract view: 171 times
Download     : 64   times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.