KOMPARASI PERFORMA JARINGAN ANTARA PENYEDIA LAYANAN SELULER 4G LTE DI AREA KOTA YOGYAKARTA

Ari Sugiharto, Ikrima Alfi

Abstract

Teknologi telekomunikasi seluler telah berkembang ke generasi keempat, yaitu jaringan 4G. Meskipun hampir semua operator penyedia layanan telekomunikasi seluler telah menyatakan bahwa mereka siap dengan jaringan 4G, pada kenyataannya, tidak semua area di kota Yogyakarta tercakup oleh layanan jaringan 4G. Kondisi ini dikeluhkan oleh banyak pengguna. Kinerja jaringan 4G di wilayah Yogyakarta perlu ditelusuri lebih lanjut sehingga pemanfaatannya lebih optimal dan tidak mengecewakan pengguna jaringan. Penelitian ini menganalisis kinerja jaringan 4G LTE dari berbagai operator layanan telepon seluler di wilayah Kota Yogyakarta, diwakili oleh dua operator. Parameter kinerja yang diukur adalah Daya Sinyal Referensi yang Diterima (RSRP) dan Kualitas Referensi Sinyal yang Diterima (RSRQ). Dalam studi ini tes drive dilakukan untuk menentukan kualitas sinyal seluler di berbagai daerah yang mewakili daerah perkotaan, suburban dan perkotaan padat di kota Yogyakarta. Dari hasil pengukuran tes drive, kesimpulan dari hasil tes untuk operator A, RSRP nilai maks -57dBm, RSRP min -117 dBm, RSRP rata-rata -85.35dBm, RSRQ max -4 dBm, RSRQ min -23 dBm, dan RSRQ rata-rata -13,02 dBm. Sedangkan untuk operator B diperoleh nilai maks RSRP -51 dBm, RSRP min -105 dBm, RSRP rata-rata 76,92 dBm, RSRQ max -4 dBm, RSRQ min -21 dBm, dan RSRQ rata-rata -8,94 dBm.

References

Wardhana L. 2014. 4G Handbook Volume 1. Floatway Systems.

Wandira, Ayu L. W., dan Edwar M. 2016. Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartfren Andromax 4G/LTE Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga UNESA. Vol 1:1-11.

Setiadi A. 2016. Peran 4G LTE Dalam Perkembangan Kinerja Keuangan Perusahaan Telekomunikasi di Indonesia. Tugas Akhir. Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor.

Wibisono L. E. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna 4G XL di Yogyakarta. Tugas Akhir. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Basri M. O. S. dan Mauludiyanto A. 2016. Pengukuran dan Analisis Sinyal RF pada Penerima seluler di Area Surabaya. Prosiding SENTIA. Volume 8: D15-D21.

Sari D. D. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen SIM CARD GSM Prabayar XL di Kota Yogyakarta). Tugas Akhir. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Mahanani G. S. 2016. Analisis dan Pengujian di Jaringan 3G dan 4G Dalam Layanan Quality of Servicees (QoS). Tugas Akhir. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Yogyakarta.

Pramanda P. P. W., Sudiarta, P. K. dan Indra N. E. R. 2016. Analisis Jaringan UMTS pada Menara Rooftop dengan Menggunakan Software TEMS Investigation dan G-Nettrack Pro. E-journal SPEKTRUM. Vol.3:47-53.

Article Metrics

Abstract view: 67 times
Download     : 37   times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.