PENGARUH KECEPATAN LANDING VERTIKAL TERHADAP KETAHANAN BEBAN IMPAK RANGKA LANDING GEAR MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

Lasinta Ari Nendra Wibawa

Abstract

Penelitian ini bertujuan menyelidiki pengaruh kecepatan landing vertikal terhadap ketahanan beban impak rangka landing gear menggunakan metode elemen hingga. Analisis tegangan dilakukan menggunakan perangkat lunak Autodesk Inventor Professional 2017. Material rangka landing gear menggunakan Aluminium paduan 5083. Pesawat UAV memiliki berat 100 kg dan waktu impak 0,5 detik. Kecepatan landing vertikal yaitu 7 m/s, 8 m/s, 9 m/s, dan 10 m/s. Hasil simulasi menunjukkan bahwa rangka landing gear cukup aman untuk menahan kecepatan landing hingga 9 m/s karena memiliki faktor keamanan sebesar 3,201.

Keywords

aluminium 5083, autodesk inventor 2017, analisis elemen hingga, landing gear, ketahanan beban impak

Article Metrics

Abstract view : 69 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 29 times

References

Al-banaa, Ali, M. S. ., & Pires, R. (2014). Stress Analysis on Main Landing Gear for Small Aircraft. Al-Rafidain Engineering, 22(1), 26–33.

Dutta, A. (2016). Design and Analysis of Nose Landing Gear. International Research Journal of Engineering and Technology (IRJET), 3(10), 261–266.

Kumar, R. R., Dash, P. K., & Basavaraddi, S. R. (2013). Design And Analysis of Main Landing Gear Structure of A Transport Aircraft and Fatigue Life Estimation. International Journal of Mechanical and Production Engineering, 1(4), 22–26.

Nex, F., & Remondino, F. (2014). UAV for 3D mapping applications : a review, (March). https://doi.org/10.1007/s12518-013-0120-x

Parmar, J., & Acharya, V. (2015). Selection and Analysis of the Landing Gear for Unmanned Aerial Vehicle for Sae Aero Design Series. International Journal of Mechanical Engineering and Technology, 6(2), 10–18.

Prakash, J. A., Joshua, P., & Santosh, D. (2018). Design and Analysis of Aircraft Landing Gear Axle. International Journal of Advance Research, Ideas and Innovations in Technology, 4(2), 1550–1555.

Swarnakiran, S., & Rohith, S. (2018). Numerical Analysis of Nose Landing Gear System. International Research Journal of Engineering and Technology (IRJET), 5(4), 1978–1984.

V. Dobrovolsky, K. Z. (1978). Machine elements : a textbook. Moscow: Peace Publisher.

Wibawa, L. A. N. (2018a). Merancang Komponen Roket 3D dengan Autodesk Inventor Professional 2017. Buku Katta. Retrieved from https://play.google.com/books/reader?id=qHpKDwAAQBAJ&lr=&printsec=frontcover

Wibawa, L. A. N. (2018b). Simulasi Kekuatan Komponen Sarana Pengujian Roket Menggunakan Autodesk Inventor Professional 2017. Buku Katta. Retrieved from https://play.google.com/books/reader?id=BD1LDwAAQBAJ&hl=id&lr=&printsec=frontcover

Wibawa, L. A. N. (2019a). Desain dan Analisis Kekuatan Rangka Meja Kerja (Workbench) Balai LAPAN Garut Menggunakan Metode Elemen Hingga. Jurnal Teknik Mesin – ITI, 3(1), 13–17.

Wibawa, L. A. N. (2019b). Desain dan Analisis Kekuatan Rangka Tempat Sampah di Balai LAPAN Garut Menggunakan Metode Elemen Hingga. Turbulen: Jurnal Teknik Mesin, 1(2), 64–68.

Wibawa, L. A. N. (2019c). Pengaruh Diameter Baut Terhadap Kekuatan Rangka Main Landing Gear Pesawat UAV Menggunakan Metode Elemen Hingga. Polimesin, 17(1), 26–32.

Wibawa, L. A. N. (2019d). Pengaruh Pemilihan Material Terhadap Kekuatan Rangka Main Landing Gear Untuk Pesawat UAV. Jurnal Teknologi dan Terapan Bisnis, 2(1).

Wibawa, L. A. N., & Himawanto, D. A. (2018). Analisis Ketahanan Beban Dinamis Material Turbin Angin Terhadap Kecepatan Putar Rotor (rpm) Menggunakan Metode Elemen Hingga. Jurnal Simetris, 9(2), 803–808. https://doi.org/10.24176/simet.v9i2.2343

Younis, W. (2010). Up and running with Autodesk Inventor Simulation 2011: a step-by-step guide to engineering design solutions. Elsevier.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.